Keunggulan Kelebihan Sepeda Listrik

Berikut disajikan beberapa keunggulan atau kelebihan dari sepeda listrik yang ada saat ini:
  1. Sepeda listrik sangat cocok dipakai oleh pengguna yang tinggal di daerah kabupaten atau kota kecil untuk bekerja dengan jarak tempuh maksimal 12 km. Namun sepeda listrik tidak cocok digunakan untuk bekerja di ibu kota provinsi, kota besar seperti Surabaya, Medan atau Jakarta,  karena akan berkompetisi dengan kendaraan berukuran besar, terutama angkutan umum seperti Mikrolet, Metromini yang agak ugal-ugalan, ngebut bahkan ngerem mendadak untuk menurunkan penumpang tanpa melihat ke belakang.
  2. Sepeda Listrik aman bagi lingkungan, tidak menghasilkan emisi gas buang, hanya saja saat me-charge baterai sepeda listrik, sumbernya diambil dari PLN yang kebanyakan menggunakan PLTU dan batubara sebagai bahan bakarnya. Sementara ini gpp, hanya mekanisme memindahkan polusi dari kota anda ke daerah lokasi PLTU seperti Cilegon (Banten) dan Paiton Probolinggo (Jawa Timur). Pemusatan pengelolaan emisi gas buang sangat bagus, karena mungkin di PLTU ada filter asapnya sehingga polusi-nya tidak terlalu berat, apalagi kalo Indonesia mencoba energi lain seperti Panas Bumi (Chevron, di Garut), Matahari, Pasang surut air laut, Angin, dsb.
  3. Setiap periode charging, sepeda bisa menempuh jarak 40-60 km, sehingga bisa dipakai 2 hari, sama seperti memakai HP.
  4. Sepeda listrik tidak memerlukan STNK, karena kecepatan maksimalnya 30-40 km/jam, namun beberapa bentuknya, ada yang mirip sepeda motor, sehingga polisi kadang menganggapnya sebagai sepeda motor. 

Comments

Popular posts from this blog

Kelemahan Sepeda Listrik

Tips Memilih dan Perawatan Sepeda Listrik